Minggu, 25 Januari 2015

RPP IPA



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                         :   Sekolah Dasar
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) 
Kelas/Semester            :   VI / 1
Materi Pokok               :   Keseimbangan Ekosistem
Waktu                          :   4 x 45 menit
Metode                         :   Ceramah dan diskusi

A.    StandarKompetensi        :
3. Memahami pengaruh kegiatan manusiaterhadap keseimbangan lingkungan

B.     KompetensiDasar
3.1 Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)

C.    TujuanPembelajaran:
o   SiswadapatMemahamipetakonseptentangkeseimbanganekosistem
o   SiswadapatMenyebutkankegiatanmanusia yang dapatmempengaruhikeseimbanganekosistem.
o   SiswadapatMenjelaskandampakdarikegiatanmanusia yang mempengaruhikeseimbanganekosistem
o   Siswaberdiskusimengenaikegiatanmanusia yang dapatmempengaruhikeseimbanganekosistem.

D.    MateriEssensial
Berbagaikegiatanmanusia yang dapatmempengaruhikeseimbanganekosistem.

E.     Media Belajar
o   Buku  SAINS SD RelevanKelas VI

F.     RincianKegiatanPembelajaranSiswa
  1. Pendahuluan
Apersepsi  dan Motivasi :
o   MenyampaikanTujuanPembelajaran**:  dankompetensi yang diharapkan


(10 menit)
  1. KegiatanInti
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, siswa:
F Siswa dapat Memahami peta konsep tentang keseimbangan ekosistem
F Menjelaskan dampak dari kegiatan manusia yang mempengaruhikeseimbanganekosistem
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Menyebutkankegiatanmanusia yang dapatmempengaruhikeseimbanganekosistem.
-    Penebangandanpembakaranhutan
-    Penggunaanpupukdanpestisidasecaraberlebihan
-    Perburuan liar
-    Perusakanterumbukarang
-    Pembangunan industri (pabrik)
F Siswaberdiskusimengenaikegiatanmanusia yang dapatmempengaruhikeseimbanganekosistem
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
& Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanyajawabtentanghal-hal yang belumdiketahuisiswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikanpenguatan  dan penyimpulan

(100 menit)
  1. Penutup
o   Memberikankesimpulankegiatanmanusia yang dapatmempengaruhikeseimbanganekosistemyaituperusakanhutan, penggunaanpupukdanpestisidasecaraberlebihan, perburuan liar, perusakanterumbukarang, pembangunanindustri (pabrik)


(10 menit)
  1. PekerjaanRumah
o   Tugas
                                     






G.    Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
o  Menjelaskanberbagaikegiatanmanusia yang dapatmempengaruhikestabilanekosistem, misalnyapenggunaanbahankimiadanpenebanganhutan.
o  Meramalkanpengaruhpenggunaanbahankimiapadalingkunganmelaluipengamatan, misalnyapenggunaanpupukdanpestisidasecaraberlebihan.

TugasKelompok


Laporan
Hasildiskusi

UraianObjektif



o  Jelaskanberbagaikegiatanmanusia yang dapatmempengaruhikestabilanekosistem, misalnyapenggunaanbahankimiadanpenebanganhutan.
o  Jelaskanpengaruhpenggunaanbahankimiapadalingkunganmelaluipengamatan, misalnyapenggunaanpupukdanpestisidasecaraberlebihan.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasildiskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semuasalah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadangpengetahuan
* tidakPengetahuan

* aktif praktek
* kadang-kadangaktif
* tidakaktif

* Sikap
* kadang-kadangsikap
* tidaksikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1





&  LEMBARPENILAIAN
No
NamaSiswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








CATATAN :
@   Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
Mengetahui                                                                           
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel IPA



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar